Kamis, 03 November 2011

BORNEO TULEN

Di masa kini, pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat dihuni oleh berbagai masyarakat dari berbagai pulau. Disini dapat dijumpai penduduk dari Sabang sampai Merauke, bahkan penduduk Cina juga banyak terdapat disini. Mereka hidup berdampingan dengan damai dan saling membantu satu sama lain.
Tetapi Kalimantan Barat sendiri juga mempunyai penduduk asli, yaitu masyarkat Dayak.  Menurut suatu sumber, masyarakat dayak telah mendiami Provinsi Kalimantan Barat sejak 4.500 tahun yang lalu. Mereka dibagi dalam beberapa suku atau kelompok, yaitu Dayak Kelabit-Lun Bawang, Dayak Iban, Dayak Bidayuh, Dayak Barito, Dayak Dusun Kadazan Murut, dan Dayak punan.
Dari seluruh suku Dayak yang ada, Dayak Iban menjadi suku Dayak terbesar. Awalnya mereka mendiami daerah Sungai Kapuas dan pesisir Kalimantan Barat. Tetapi lambat laun mereka menyebar ke Sarawak. Mereka mengenal banyak dewa dan roh, selain itu mereka juga mempercayai ramalan dan firasat. Tetapi sebagian besar dari suku Dayak Iban telah memeluk agama Kristen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar