Rabu, 02 November 2011

SUNGAI KAPUAS

 “Sungai Kapuas punye cerite bile kite minom aeknye , biarpun pergi jauh kemane sunggoh susah nak ngelupakkannye , heii kapuaaas !” – reff sungai kapuas


Sobatku yang dari Kalimantan Barat pasti sangat tidak asing dengan lagu yang satu ini . ya ! tepat sekali sobat . tadi adalah bagian lirik dari lagu sungai kapuas .

Pontianak kite terkenal dengan sungainya yang terpanjang di Indonesia , yaitu sungai Kapuas .
Sungai Kapuas yang membelah kota Pontianak ini sangat familiar sekali , pantas untuk kita jaga dan kita rawat . belum puas rasanya jika kita tidak menyebrangi sungai kapuas ini secara langsung .

Di sekitar muara banyak sekali sampan (perahu kecil) yang menyediakan jasa untuk menyebrangi sungai Kapuas melalui air . ada juga sebuah kapal ferry besar yang mampu menyediakan jasa penyebrangan air itu , serta satu lagi nih sobat ! ada sebuah kapal yang ukurannya agak besar yang menyediakan jasa hiburan dengan membawa penumpang untuk mengarungi sungai Kapuas , ciaaahhh .

Sungguh indah sungai kapuas sobat , sayangnya kita sebagai masyarakat kurang menyadari pentingnya suangai itu . keseringan masyarakat malah mencemari nya dari pada menjaganya .

Contonya dalam masalah kebersihan saja , masih banyak masyarakat yang sering membuang sampah di sungai tersebut , sehingga pemandangan sungai menjadi tidak bagus dan dapat menganggu habitat yang hidup didalamnya .

Apakah pernah anda berfikir , khususnya masyarakat yang tinggal di daerah sekitar sungai kapuas ini , anda menggunakan air dari sungai tersebut sebagai kebutuhan sehari-hari , contohnya mandi dan mencucui pakaian . apakah anda tidak merasa terganggu jika di sungai tersebut banyak sampah dan kotoran yang tidak layak dipandang ?

Baiklah , mari kita renungi segala nya sobat , disini saya hanya mengajak sobat-sobatku sekalian untuk menjaga apa yang telah allah anugerahi kepada kita , salah satunya sungai Kapuas ini .

Hargailah sumber daya alam yang kita punya , jaga kebersihannya , jangan membuang sampah dan limbah-limbah lainnya di sungi tersebut , sobat pasti tau ada kehidupan di dalam sungai itu , makhluk didalamnya juga pantas mendapatkan kebersihan dan ketenangan dalam ekosistem mereka sobat , jadi jagalah dan rawatlah kote kite tercinta ini sobat .

Then we said “WE LOVE PONTIANAK”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar