Kamis, 03 November 2011

TAHUKAH ANDA ?


Kalimantan Barat atau biasa dikenal dengan West Borneo memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan. Dari sungai, hutan, bahkan alam yang ada disekitarnyya bisa menjadi daya tarik tersendiri.
Jika banyak yang belum tahu tempat-tempat tempat menarik di Kalimantan Barat, disini akan dijelaskan sedikit mengenai tempat-tempat tersebut.
1.       Tugu Khatulistiwa
Tugu ini ditemukan oleh seorang peneliti berkebangsaan belanda. Kemudian dikembangkan oleh  orang pribumi. Setiap tahunnya tanggal 23 september akan diadakan acara yang disebut “Titik Kulminasi”.
Tugu ini terletak di Jalan Khatulistiwa, siantan. Untuk menuju kesana dapat digunakan jalan darat yang tidak terlalu lama dari pusat kota.
2.       Rumah Adat Melayu
Biasa juga disebut rumah panjang atau rumah betang. Terletak di Jalan Sutoyo.
Setiap tahun, di rumah adat ini diadakan suatu kegiatan yang disebut Gawai Adat Dayak. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni.  Gawai Adat Dayak adalah perayaan setelah panen ladang selesai. Perayaan ini menyimbolkan rasa syukur masyarakat Dayak atas berkat dan rahmat tuhan YME.
3.       Museum
Setiap kota di indonesia pasti memiliki sebuah museum yang diperuntukkan menyimpan artefak-artefak para leluhur. Begitu pula di wilayah Kalimantan Barat.
Di museum yang terletak di Jalan Ahmad yani ini tersimpan banyak artefak dan peninggalan bersejarah kota Pontianak.          Biasanya museum ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan pelajar untuk menunjang tugas dan karya tulis mereka.
4.       Keraton Khadariyah
“ Awak Datang Kamek Sambot”. Kalimat itulah yang akan kita temui jika akan berkunjung ke keraton khadariyah. Sangat mencerminkan kota Pontianak yang berbahasa melayu. Keraton ini berada di Jalan Tanjung Hulu. Ada pepatah mengatakan “bukan orang penduduk Pontianak jika belum berkunjung kesana.
5.       Masjid Jami’
Tidak jauh dari keraton khadariyah, akan ditemui sebuah surau kecil. Itulah masjid jami’. Walaupun ukurannya kecil, masjid ini merupakan salah satu masjid kebanggaan kota Pontianak.
6.       Taman Nasional Betung Kerihun
Taman ini merupakan taman nasional terbesar kedua di Kalimantan. Taman yang terbesar adalah Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Di taman ini terdapat banyak flora, fauna, gemuruh riam, tebing yang curam, air terjun, dan goa-goa kapur. Selain itu, taman ini merupakan sember air dari sungai terpanjang di Indonesia, yaitu sungai Kapuas
7.       Taman Nasional Danau Sentarum
Satu lagi taman nasional yang sangat menarik di wilayah Kalimantan Karat, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum. Danau sentarum dikelilingi beberapa pegunungan, yaitu pegunungan Lanjak, pegunungan Muller, Dataran Tinggi Madi, dan Pengunungan  Kalingkang.

Dan masih banyak tempat-tempat wisata di Kalimantan Barat yang berpotensi untuk menarik turis-turis domestik dan mancanegara. Jika tempat-tempat tersebut dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan Kalimantan Barat akan menjadi salah satu kotamaju seperti Jakarta, Bandung, dan Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar