Rabu, 02 November 2011

TUGU KHATULISTIWA

Pasti sobat sudah pada tau kan tugu khatulistiwa itu berada dimana ? . yap ! tepat sekali tugu khatulistiwa berada di kotaku tercinta Pontianak tepat pada garis 0 derajat .

Banyak sekali keistimewaan dari tugu khatulistiwa ini , selain sebagai tempat wisata para turis dari luar negri , tugu khatulistiwa dapat menjadi tempat santai yang bagus untuk para remaja .

nah ini dia penampakannya

Selain itu , tugu khatulistiwa selalu mengalami solar culcumination , yang artinya titik kulkuminasi , hal ini hanya terjadi sekali di dalam setahun loh . titik kulkuminasi ini tepatnya terjadi pada tanggal 23 september . sobat tau apa itu titik kulkuminasi ? titik kulkuminasi adalah peristiwa dimana matahari berada tepat di garis lintang 0 derajat kurang lebih selama 5-10 menit . tiap tahunnya peristiwa ini selalu dirayakan loh .

Mari kita telusuri apa sih isi dari tugu khatulistiwa itu ?
Nah ini dia penampakan dalam tugu khatulistiwa . isi nya ada monument yang berada tepat ditengah ruangan , tempoe dulu keadaannya tidak seperti ini sobat .



Suasana didalamnya dingin loh , diSana terdapat foto –foto dan banyak informasi tentang sejarah tugu khatulistiwa ini .

Seiring dengan berjalannya waktu , tugu khatulistiwa semakin mengalami kemajuan , daerah di sekitarnya semakin bagus karena adanya renovasi yang tak henti- hentinya .

Kami sebagai anak SMA NEGERI 5 PONTIANAK  bangga loh menjadi satu satunya sekolah negeri yang letaknya tidak jauh dari tugu khatulistiwa , dekat dengan tempat wisata yang terkenal di dunia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar